image by skincare.com

aQcantik.comExfoliating merupakan proses pengikisan kulit-kulit mati pada kulit. Banyak para ahli merekomendasikan exfoliating menjadi salah satu bagian dari skincare routine malam, karena pada produk exfoliator terdapat bahan yang sensitif terhadap sinar matahari.

Selain mengikis kulit mati, banyak sekali manfaat exfoliating yang belum kita ketahui. Berikut adalah pemaparannya

Beberapa Manfaat Exfoliating Kulit

image by lifehack.org

1. Mengecilkan pori-pori

Penempukan kotoran serta kulit mati dapat membuat pori-pori wajah membesar. Oleh sebab itu diperlukan exfoliating untuk membersihkan pori-pori agar kembali kecil.

2. Melawan tanda penuaan

Salah satu penyebab munculnya garis-garis dan kerutan di wajah adalah sel sel kulit mati. Meskipun kulit mampu meregenerasi secara alami, tapi kemampuan tersebut akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Salah satu fungsi produk exfoliator adalah membantu meregenerasi kulit dan mengurangi garis kerutan di wajah. Selain itu, proses exfoliating ini mampu menstimulasi peredaran darah di wajah sehingga terlihat lebih segar.

Baca Juga :  Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

3. Mengangkat sel kulit mati

Proses penggunaan exfoliating lotion mampu membuat kulit wajah yang kering menjadi lebih halus dan terlihat segar karena sel-sel baru.

4. Membantu produk lain bekerja maksimal

Setelah terkikisnya kulit mati oleh produk exfoliator, penggunaan skincare lain seperti cleanser, toner, moisturizer, serum dan lain sebagainya akan meresap secara maksimal kedalam kulit.

5. Mencerahkan kulit

Tentu saja kulit akan lebih cerah dengan sel-sel kulit yang baru, karena sel kulit mati telah terkikis pada saat exfoliating.

Mengenai exfoliating ada berbagai macam jenisnya. Pertama, Exfoliating acid yang menggunakan metode AHA dan BHA. Cairan AHA bekerja pada permukaan kulit serta bersifat larut dalam air dan cenderung cocok digunakan untuk yang memiliki kulit normal dan kering.

Baca Juga :  Rekomendasi Krim Malam Untuk Mencerahkan Wajah

Sedangkan BHA bekerja pada permukaan kulit hingga ke dalam pori-pori dan bersifat larut dalam minyak. Hal ini membuat BHA lebih cocok digunakan untuk yang memikiki kulit normal, berminyak, dan berjerawat.

Kedua, exfoliating enzymes yaitu menghancurkan jaringan kulit yang menahan sel kulit mati. Cara kerja exgoliating enzymes ini sama seperti exfoliating acid namun hasilnya lebih gentle. Proses exfoliating ini cocok untuk jenis kulit sensitif dan dapat mengatasi pori-pori tersumbat maupun kulit kusam.

Ketiga, exfoliating scrub berbeda dengan metode kedua tadi, proses ini dilakukan secara fisik, artinya dengan menggosokan butiran scrub ke wajah untuk mengangkat sel kulit mati. Saat memilih produk untuk eksfoliasi, hindari produk dengan butiran scrub yang terlalu besar dan tajam karena dapat menyebabkan micro-tear pada kulit.

Baca Juga :  Face Oil Rekomendasi Untuk Menutrisi Wajah

Tertarik dengan manfaat exfoliating? Kamu hanya perlu menggunakan kapas untuk mengaplikasikan cairan exfoliating ini lalu usapkan ke wajah.

Jika kamu mengalami masalah setelah pemakaian exfoliator ini seperti kemerahan atau gatal, segera gunakan tabir surya dengan spf minimal 15.

Tagged

1 thought on “Manfaat Exfoliating Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *